Pelatihan Olimpiade

PENDAHULUAN

Ocean Education (OE) adalah sebuah lembaga bimbingan yang telah lama mengeluti bidang bimbingan belajar dan bimbingan olimpiade baik tingkat sekolah, kota, propinsi maupun nasional. OE telah bermitra dengan lembaga pendidikan diantaranya:

  1. SD-SMP dan SMA Pribadi Bilingual Boarding School Depok
  2. SD-SMP dan SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung
  3. SD-SMP dan SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang
  4. SD-SMP dan SMA Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School DIY
  5. SD-SMP dan SMA Fatih Putra Bilingual Boarding School Banda Aceh
  6. SD-SMP dan SMA Fatih Putri Bilingual Boarding School Banda Aceh
  7. SD-SMP dan SMA Kharisma Bangsa Bilingual Boarding School Tangsel

 

Berangkat dari keberhasilan inilah, kami OCEAN EDUCATION (OE) bermaksud untuk berbagi bersama dan melangkah bersama untuk mengibarkan panji panji pendidikan di kancah nasional maupun internasional pelatihan/bimbingan OLIMPIADE secara intensif, terarah, terprogram, terkonsep, dengan pendamping profesional.
LATAR BELAKANG PEMIKIRAN

Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan percepatan peningkatan mutu pendidikan. Karena dengan iklim kompetisi siswa, sekolah dan pemda Kab/Kota dipacu untuk menjadi yang terbaik dengan cara yang sehat dan cerdas di bidang sains (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, dan Astronomi). Ukuran keberhasilan terlihat jelas karena dengan kompetisi ini akan ada peringkat juara. Melalui OSN, siswa dibina agar memiliki keunggulan secara intelektual dan mampu berkompetisi dalam bidang keilmuan dengan peserta olimpiade utusan daerah maupun negara lain sehingga terbina semangat untuk menjadi yang terbaik. Selain itu, siswa akan mempunyai daya penalaran sesuai dengan sistematika kaidah metode ilmiah, sehingga diharapkan mampu berfikir, bersikap dan bertindak secara ilmiah.

Di tingkat internasional, kompetisi sains semacam ini telah dimulai sejak lama, dan OSN merupakan satu-satunya pintu gerbang menuju International Mathematical Olympiad, International Physics Olympiad, International Chemistry Olympiad, dan International Biology Olympiad yang diadakan tiap tahun dengan diikuti puluhan negara di dunia. Berbagai peluang terbuka bagi para juara dalam OSN, mulai dari masuk PTN di Indonesia tanpa seleksi, beasiswa dan tawaran menjadi mahasiswa di perguruan tinggi luar negeri.

Dalam mekanisme OSN, setiap daerah dapat mengirimkan wakil-wakilnya untuk mengikuti kompetisi ini setelah melalui seleksi yang diadakan oleh Depdikbud. Lewat seleksi ini, siswa yang memenuhi syarat dengan perolehan nilai di atas batas standar minimal dapat menjadi wakil daerahnya dalam mengikuti olimpiade tersebut. Jumlah siswa yang lolos seleksi OSN menunjukkan bahwa daerah tersebut memiliki pelajar dengan kecerdasan dan potensi sumber daya manusia unggul yang kelak dapat diandalkan untuk mempercepat pembangunan di daerahnya. Hal ini merupakan suatu kesempatan yang harus direspon, disikapi, dan ditindaklanjuti melalui persiapan yang tidak sekedar mengandalkan mekanisme pembinaan minimal yang sudah berlangsung selama ini. Sebuah model pembinaan alternatif yang lebih terarah, terencana secara sistematis, dan berkesinambungan sangat diperlukan untuk melahirkan para calon juara pada ajang kompetisi Olimpiade Sains Nasional maupun Internasional.

Dalam pelaksanaan pembinaan olimpiade, dibalik gairah dan minat siswa maupun sekolah dalam memberikan respon positif terhadap kegiatan tersebut, pada umumnya mereka menghadapi kendala psikologis yang berpengaruh terhadap daya juang siswa dan sekolah menghadapi Olimpiade Sains yang setiap tahun digelar oleh Depdikbud secara serentak di seluruh Indonesia. Kondisi ini tentu akan menjadi beban tahunan yang membuat gairah Olimpiade Sains tidak berkembang dan justru semakin membosankan. Pihak Sekolah bukan semakin termotivasi, tetapi justru merasa terbebani denga program tahunan ini. Kendala yang lain kemungkinan terkait dengan ketersediaan sumber daya pembimbing yang hingga saat ini belum terpecahkan. Kendala-kendala tersebut di satu sisi membuat pengelola Sekolah sulit menemukan formula yang tepat untuk menggerakkan kegiatan pembelajaran terkait dengan persiapan menghadapi Olimpiade Sains. Oleh karena itu, perlu ada dukungan dan perhatian lebih dari Pengelola pendidikan yang lebih tinggi untuk lebih memberdayakan dan memotivasi siswa dan sekolah-sekolah tertentu yang memiliki kendala kendala tersebut.

Indonesia memiliki sekolah dengan jumlah yang banyak dan potensi siswa yang membanggakan. Minat siswa-siswa di Indonesia ini juga sangat tinggi untuk terlibat dalam kompetisi Olimpiade Sains. Namun demikian, dari tahun ke tahun peningkatan prestasi dibeberapa sekolah dan wilayah di Tingkat Kota, Tingkat Propinsi maupun Nasional dirasakan tidak signifikan dengan potensi yang ada. Ada indikasi adanya bias pemikiran dalam menyikapi Olimpiade Sains. Sebagian pihak hanya memandang bahwa Olimpiade Sains hanya bertujuan untuk meraih kemenangan. Padahal, banyak dampak (impact) lain dari pembinaan Olimpiade Sains ini yang jauh lebih bernilai dibandingkan dengan hanya sekedar meraih juara. Salah satu dampak langsung yang dapat dikembangkan melalui pembinaan Olimpiade Sains secara berkelanjutan adalah pembinaan nilai-nilai karakter, akhlak mulia, kesadaran reliji, pengembangan psikomotorik, dan tentu saja pengembangan potensi kognitif yang terintegratif selama pembelajaran berlangsung. Para pembina yang berpengalaman dan memahami aspek-aspek pendidikan dalam pembinaan Olimpiade Sains akan mengedepankan pengembangan nilai-nilai tersebut dalam proses pembelajaran yang diampunya. Dengan demikian, para siswa Olimpiade Sains akan memiliki kapasitas yang lebih mumpuni untuk menjadi agent of change (pelaku perubahan) dan dapat diarahkan untuk menjadi “tokoh idola” sebagai representasi kualitas pendidikan di sekolahnya.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka melalui Wadah Pembinaan Olimpiade Sains ECEAN EDUCATION, kami mengajukan usulan kegiatan kepada pihak Sekolah/siswa untuk bersama-sama melakukan program pembinaan bagi para siswa SD, SMP dan SMA pada sekolah Bapak/Ibu pimpin/Kabupaten/Kota di Indonesia guna menghadapi kompetisi bergengsi, Olimpiade Sains mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai ke tingkat nasional dan international. Melalui program ini diharapkan pembinaan dan pendampingan dapat dilakukan secara menyeluruh dan sistematis sehingga memperoleh hasil yang optimal.

 

VISI DAN MISI

Visi :

Mencetak juara-juara yang mampu meraih medali dalam olimpiade sains, berprestasi gemilang di sekolah, lulus ujian nasional dengan nilai yang tinggi, lolos seleksi penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi negeri, dengan kepribadian yang unggul, rendah hati, dan relijius.

Misi :

  1. Meningkatkan karakter siswa potensial yang berkhlak mulia, mandiri, dan berwawasan kebangsaan yang kuat dan luas.
  2. Meningkatkan prestasi siswa-siswi SMA dalam kompetisi Olimpiade tingkat kabupaten/kota, propinsi, nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan iklim kompetisi positif yang akan merangsang peningkatan kualitas dan mutu lulusan sekolah menengah.

 

TUJUAN

  1. Bekerjasama dengan pihak Sekolah dalam mempersiapkan para siswa SD.SMP dan SMA di Indonesia guna menghadapi event Seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota.
  2. Membina para siswa yang memiliki keunggulan intelektual dan mampu berkompetisi dalam bidang keilmuan dengan peserta olimpiade utusan sekolah-sekolah lain di Indonesia.
  3. Mendidik para siswa agar bersifat terbuka dan tanggap baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun fenomena ilmiah yang timbul di masyarakat.
  4. Mendidik para siswa agar mempunyai daya penalaran sesuai dengan sistematika kaidah metode ilmiah, sehingga diharapkan mampu berfikir, bersikap dan bertindak secara ilmiah.

 

MANFAAT

Manfaat secara umum :

  1. Menggairahkan iklim kompetisi sains secara obyektif dan berkelanjutan.
  2. Tumbuh dan berkembangnya minat keilmuan, khususnya matematika dan sains bagi siswa dan warga sekolah.
  3. Terwujudnya peningkatan mutu pendidikan matematika dan sains di semua sekolah, kabupaten/kota, dan propinsi, serta nasional.

 

Manfaat bagi Sekolah :

  1. Membantu program Sekolah dalam bidang pembinaan Olimpiade Sains.
  2. Mengoptimalkan prestasi siswa sehingga mampu mengangkat mengharumkan nama sekolah dan daerah.
  3. Membantu dan mendukung program pembinaan prestasi belajar.
  4. Membantu melejitkan potensi bibit-bibit unggul peserta kegiatan.
  5. Meningkatkan persepsi positif masyarakat terhadap sekolah.
  6. Menstimulasi program penanaman nilai-nilai luhur dalam sistem pendidikan dan pembelajaran di sekolah.

 

PROGRAM KEGIATAN

  1. Camp Pembinaan Olimpiade Sains tingkat SMP dan SMA

Jangka Waktu                         : 1 (satu) Minggu
Jam belajar                             : 08:00-17:00
Bidang OSN                           : disesuaikan jadwal bidang studi OSN
Tempat Pelaksanaan              : Jalan H. Djuanda No. 40 B Ciputat – Tangsel

Telp. 021 747 03599 Fax 021 747 03889

 

  1. Pembinaan Itensif Olimpiade Sains tingkat SD,SMP dan SMA

Jangka Waktu                         : 1 (satu) Minggu
Jam belajar                  : 08:00-17:00
Jadwal Pelaksanaan    : Disesuai dengan kebutuhan sekolah/perorangan
Bidang OSN               : disesuaikan jadwal bidang studi OSN
Tempat Pelaksanaan    : Jalan H. Djuanda No. 40 B Ciputat – Tangsel

Telp. 021 747 03599 Fax 021 747 03889

 

3.Pembinaan Itensif Olimpiade Sains tingkat SD,SMP dan SMA

Jangka Waktu                         : 1 (satu) bulan 2 x pertemuan per minggu, 120 Menit per pertemuan

Jam belajar                  : 08:00-17:00
Jadwal Pelaksanaan    : disesuaikan kondisi sekolah
Bidang OSN              : disesuaikan jadwal bidang studi OSN
Tempat Pelaksanaan   : Jalan H. Djuanda No. 40 B Ciputat – Tangsel

Telp. 021 747 03599 Fax 021 747 03889

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

Untuk menjaga kualitas dan mutu materi pembelajaran, maka setiap bidang pelatihan disesuaikan dengan silabus yang telah disusun oleh pengajar-pengajar yang berpengalaman dalam pembinaan Olimpiade sains.
Metode Pembelajaran dan Sistem Evaluasi.
a.Metode Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model kuliah dan diskusi kelas dengan media bantu sesuai dengan kebutuhan. Metode kuliah memberikan landasan konsep dan pemahaman yang mendalam bagi siswa tentang materi olimpiade. Pada setiap pertemuan siswa akan diberikan soal dan beberapa model pemecahan masalahnya. Siswa dibina untuk memahami soal secara menyeluruh dari berbagai sudut pandang sehingga siswa dapat menyelesaikan soal dengan caranya sendiri berdasarkan konsep yang telah dikuasai.

  1. Evaluasi

Evaluasi diperlukan untuk memantau kemajuan hasil belajar. Evaluasi ini meliputi Preliminary Test, Progressive Test, Diagnostic Test, dan Simulation Test. Melalui rangkaian tes ini, diharapkan kesiapan siswa untuk menghadapi kompetisi Olimpiade Sains dapat teridentifikasi dan terukur secara akurat.
TENAGA PENGAJAR

Pembina OSN Kota, Propinsi, Nasional 2. Dosen Profesional dan Kompeten dibidangnya 3. Alumni OSN peraih medali
BIAYA PEMBINAAN
Atas kesepakatan bersama
PENUTUP

Demikianlah proposal Program Pembinaan Olimpiade ini kami ajukan untuk menjelaskan kepada semua pihak tentang pentingnya sebuah pembinaan olimpide yang akan mendukung peningkatan mutu pendidikan nasional di Indonesia. Iklim kompetisi dunia pendidikan akan mendorong semua pihak untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik dan memunculkan bibit-bibit unggul berprestasi.

Program Pembinaan Olimpiade Sains yang diselenggarakan ini diharapkan dapat memberikan prioritas perhatian dan pemikiran yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan di Indonesia melalui kompetisi sains. Dalam jangka panjang, prioritas seperti ini akan memberikan kontribusi yang signifikan kepada pihak-pihak tertentu yang relevan dan berkaitan dengan terciptanya sistem pendidikan untuk mendukung pembangunan nasional.

Kemajuan dunia pendidikan Indonesia menjadi tanggung jawab bersama. Kualitas pendidikan di Indonesia berada di bawah beberapa negara lain di Asia Tenggara dengan daya saing yang rendah. Kondisi yang memprihatinkan ini semoga dapat kita benahi bersama-sama dengan bersatu padu, bahu-membahu mewujudkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang cerdas, berpretasi, kompetitif, berbudaya dan beradab.

OCEAN EDUCATION Direktur SUDARMAN, S.Sos, M.Pd Hp.0813 15226554 Telp (021) 747 03599 Fax 021 747 03889 Website : www.oceanedu.co.id